Q Film Festival 2011

 

 

Q Film festival hadir kembali di tanah Air!

Q Film festival, acara yang didedikasikan untuk komunitas LGBTIQ (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Intersex, Questioning) di Indonesia dan juga ikut serta dalam program pencegahan HIV/AIDS dengan cara menayangkan film-film Internasional dan lokal, serta melalui diskusi publik.

Q! Film Festival didirikan pada tahun 2002 oleh beberapa jurnalis freelance. Setelah beberapa tahun, acara ini berkembang menjadi besar, bukan saja tentang pemutaran film melainkan juga ada pameran seni, acara literatur, dan workshop film. Ekspansi ini bukan saja dalam ukuran event, melainkan juga telah merambah ke beberapa kota: Jogjakarta, Surabaya, Malang, Makassar, dan Bali.

QFF sendiri mempunyai misi untuk memperkenalkan alternatif lain dunia perfilman selain yang telah ada di bioskop-bioskop di Tanah Air, juga menggugah kesadaran atas permasalahan yang muncul terkait issue LGBT. Hasil yang signifikan adalah Komisi Hak Asasi Manusia telah menambahkan perlindungan kepada komunitas LGBT dalam 2 tahun belakangan ini. Dan organisasi nirlaba untuk advokasi untuk komunitas LGBT juga telah dibentuk untuk mengakomodasi kebutuhan yang muncul di kalangan komunitas.

Lebih dari 800 film dan sekitar 150,000 pengunjung telah mengunjungi festival selama kurang lebih 8 tahun. Bintang tamu internasional dari kalangan pembuat film, distributor, dan organizer festival  juga ikut datang.

Q! Film Festival saat ini adalah festival film LGBT terbesar di Asia, dan mendapatkan penghargaan dari Teddy Award dari Berlin Film Festival.

QFF juga dimasukkan dalam satu dari 24 contoh inisiatif dan proyek terbesar dari seluruh dunia yang berfokus pada hak asasi manusia pada tingkat lokal/regional/internasional oleh Copenhagen OutGames Festival dan Danish Institute for Human Rights (DIHR) pada tahun 2009.

Pada beberapa venue, QFF juga bekerjasama dengan NGO lokal untuk mengadakan pemeriksaan VCT. Di Jakarta, Q! FF bekerja sama dengan Yayasan Inter Medika dan organisasi lainnyauntuk mengadakan VCT.

Untuk jadwal dan venue, kunjungi web Q Film Festival.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *